Cara Untuk Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Dalam masalah di dunia Blogger, pasti akan banyak masalah yang mengganggu. Salah satunya adalah Loading Blog. Loading blog yang sangat lambat disebabkan oleh beratnya laman yang ingin dimuat sehingga koneksi internet para pengunjung sulit untuk memuat laman yang ingin di buka olehnya. Nah, pada kali ini saya ingin membagikan sebuah trik dimana kita dapat mempercepat loading blog kita masing-masing.
Loading Blog yang lama akan sangat mengganggu pengunjung dari blog kita. Karena semakin lama loading blog tersebut, maka akan semakin teruji kesabaran pengunjung tersebut. Karena tentunya pengunjung itu akan sangat merasa terganggu karena harus menunggu lama untuk membuka blog anda. Dan kemungkinan yang akan terjadi ialah pengunjung tersebut akan kabur dan beralih ke blog lainnya. Nah, untuk itu anda harus dapat membercepat loading blog anda.

Berikut ini saya akan membagikan bagaimana Cara Untuk Mempercepat Loading Blog. Silahkan simak ulasan berikut.


CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

 Silahkan anda simak beberapa ulasan dari saya di bawah ini. Beberapa cara ini mungkin bisa membantu anda agar anda dapat mempercepat loading blog anda.

1. Pakai template yang Fast Loading

Cara mempercepat loading blog yang pertama adalah memakai template yang Fast loading atau template yang loadingnya cepat. Ini sangat penting karena template yang fast loading dapat membantu kita untuk mempercepat loading blog. Nah, untuk itu anda harus mencari template dengan Fast Loading, dan tentunya juga SEO Friendly.

Belum lagi pada tahun 2017 ini telah beredar kabar tentang HTML AMP yang berfokus dengan perangkat Mobile. Template yang disenjatai oleh script HTML AMP ini tidak menggunakan javascript dan css agar bisa memuat dengan cepat dan juga tidak menghabiskan data paket internet.

2. Minimalisir keberadaan Gambar

Cara mempercepat loading blog yang kedua adalah meminimalisir keberadaan gambar. Tidak kalah pentingnya ini. Karena gambar yang banyak dapat menyebabkan laman anda berat sehingga akan sulit untuk dimuat. Pakailah gambar secukupnya jika memang itu dibutuhkan.

3. Kompres Gambar yang akan anda pakai di blog

Cara mempercepat loading blog yang ketiga adalah mengkompress gambar yang akan anda pakai di blog. Anda dapat mengkompress gambar terlebih dahulu untuk mengecilkan berat gambar. Dengan begitu gambar anda akan lebih mudah untuk dimuat. Karena biasanya gambar adalah penyebab utama lamanya loading blog.

4. Jangan menggunakan Gambar sebagai Background

Cara mempercepat loading blog yang keempat adalah jangan menggunakan gambar sebagai background blog anda. Ini juga tidak kalah pentingnya dari pada ketiga cara diatas. Karena besarnya gambar yang ingin digunakan untuk mencukupi layar background membuat laman anda semakin lambat untuk dimuat. Semua laman. Postingan, laman, dan halaman lainnya dari blog anda juga akan ikut lama untuk dimuat.

Sebaiknya anda lebih memilih memakai warna untuk background blog anda. Karena dengan memakai warnna tidak akan berpengaruh kepada lambatnya loading situs anda.

5. Minimalisir CSS yang ada di blog anda

Cara mempercepat loading blog yang kelima adalah meminimalisir CSS script yang ada di blog anda. Karena CSS juga dapat melambat loading blog anda. Meskipun tidak terlalu tapi apabila anda memakai banyak script CSS pada template blog anda lama kelamaan anda akan semakin merasakan dampaknya bagi situs anda. Boleh saja anda memakai banyak script CSS pada template anda. Namun jangan sampai berlebihan sehingga bisa berdampak buruk bagi situs anda.

6. Jangan memakai banyak Widget pada blog anda

Cara mempercepat loading blog yang keenam adalah jangan memakai banyak widget pada blog anda. Karena widget bisa SANGAT memperlambat situs anda apabila anda memakai terlalu banyak widget pada blog anda. Sebaiknya anda memakai widget secukupnya dan hanya memakai widget yang sangat penting bagi situs anda seperti Recent Post, Popular Posts dan sebagainya.

7. Jangan memakai banyak gambar Gif pada situs anda

Cara mempercepat loading blog yang ketujuh adalah jangan memakai banyak gambar yang berektensi .gif pada blog anda. Gambar yang sedang saya maksud adalah gambar bergerak pada situs anda. Tidak sering, tapi masih ada orang yang memasang gambar bergerak pada situs mereka demi membuat situsnya lebih keliatan bagus dan keren.

Namun ini adalah kesalahan besar. Karena gambar bergerak bukannya membuat pengunjung merasa nyaman namun bahkan membuatnya terganggu. Gambar bergerak memiliki berat yang cukup besar untuk dimuat. Sehingga itu menyebabkan situs kita akan lambat untuk dimuat. Bahkan setelah dimuat apabila di scroll akan lambat juga. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu para pengunjung di blog anda.

8. Cari dan Hapus script yang tidak berfungsi di template blog anda

Cara mempercepat loading blog yang kedelapan adalah mencari dan menghapus script yang tidak berfungsi di template blog anda. Script memang di butuhkan pada template blog. Namun, mungkin ada juga script yang tidak berfungsi di template blog anda. Dan biasanya script yang mati atau tidak berfungsi lagi dapat menyebabkan loading blog lambat.

Nah, untuk itu anda harus mencari script yang tidak berfungsi pada template anda. Memang mungkin akan sulit untuk menemukannya, namun ada beberapa tools yang dapat membantu anda menemukannya. Silahkan anda browsing ke Google untuk melihat caranya.

9. Kompres CSS yang ada di template blog anda

Cara mempercepat loading blog yang kesembilan adalah mengkompres css yang ada di dalam template anda. Sama saat anda mengkompres gambar yang ingin anda pakai pada blog anda, mengkompres css berguna untuk membuat css semakin ringan sehingga lebih mudah untuk dimuat. Anda dapat memakai tools yang disediakan karena sudah banyak tools yang dapat kita gunakan untuk mengkompress css.

10. Jangan menaruh terlalu banyak Postingan di satu Page

Cara mempercepat loading blog yang kesepuluh adalah jangan menaruh banyak postingan di satu page. Home page dari sebuah blog biasanya lain dari sebuah website. Jikalau website menampilkan sebuah produk atau link menuju laman lainnya. Namun, jika blog akan menampilkan postingan terbaru atau update terbaru pada home page blog tersebut.

Namun, kita sebagai pengelola blog tidak boleh menampilkan terlalu banyak postingan pada home page blog kita. Karena yang akan terjadi adalah hal buruk. Yaitu home page kita akan menjadi lambat untuk dimuat. Untuk itu anda harus mengurangi postingan yang ada pada satu page dari blog anda.

11. Jangan menaruh banyak iklan pada blog anda

Cara mempercepat loading blog yang kesebelas adalah jangan menaruh banyak iklan pada blog anda. Hal ini berlaku pada blog yang telah di terima oleh google adsense. Dan jika blog anda memiliki iklan mandiri. Jika anda memasang banyak iklan pada blog anda, otomatis loading pun akan menjadi berat. Belum lagi jika kita perhatikan banyak pemasang iklan mandiri yang memasang banyak iklan, hampir menutupi kontennya. Apakah anda salah satunya? jika ya, jangan lakukan itu.

Dengan menaruh iklan yang banyak pada laman blog anda, maka laman tersebut akan menjadi berat dan pastinya loadingnya akan lambat. Namun, jika anda menggunakan google adsense, anda bisa memasang iklan anda dimana saja karena iklan dari google adsense loadingnya lumayan baik. Namun, anda harus tetap memperhatikan User Experiences.

12. Gunakan Web Host yang Bagus

Cara mempercepat loading blog yang ke dua belas adalah gunakan webhost yang bagus. Banyak yang bilang webhost juga menentukan kecepatan loading blog. Hal ini ternyata ada benarnya. Web Hosting yang sedang anda gunakan sangat menentukan kecepatan loading blog anda.

13. Gunakan Read More pada semua Postingan

Cara mempercepat loading blog yang ke tiga belas adalah menggunakan read more pada semua postingan. Read More adalah pemotong teks agar cuplikan postingan bisa menjadi lebih pendek. Biasanya Read More di gunakan dengan kata "Read More", "Baca Selengkapnya", atau kalimat lainnya. Dengan menggunakan Read More, anda juga dapat membuat loading blog anda lebih cepat.

Jika kita tidak menggunakan Read More ini, laman Home Page kita pastinya akan sangat panjang. Sekedar info, laman yang terlalu panjang biasanya agak lama untuk dimuat.

14. Jangan gunakan gambar yang berukuran besar

Cara mempercepat loading blog yang ke empat belas adalah jangan gunakan gambar yang berukuran besar. Gambar memang di perlukan pada postingan. Namun, anda harus menetapkan ukuran gambar agar loading blog anda tidak terganggu. Jangan memasang gambar yang terlalu besar pada blog anda.

15. Hasil

Untuk hasilnya, anda dapat menggunakan tools pengukur kecepatan website untuk mengukur seberapa cepat loading blog anda. Tools yang dapat anda pakai adalah Pingdom, GTMetrix, atau Google Speed Test

Baiklah, demikian artikel ulasan saya kali ini yang sedang membahas tentang bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan bermanfaat untuk anda. Apabila anda memiliki komentar atau pertanyaan silahkan berkomentar melalui Form yang di sediakan di bawah
MAN BEHIND THE BLOG

Belum ada tanggapan untuk "Cara Untuk Mempercepat Loading Blog"

Post a Comment

Terima kasih karena Anda telah membaca Artikel diatas dan mengunjungi Blog ini.

Silahkan anda berkomentar apabila Anda memiliki pertanyaan ataupun komentar. Tapi, sebelum itu ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dalam berkomentar.

Yaitu :
- Harap berkomentar dengan sopan.
- Jangan SPAM disini. Karena form ini dibuat untuk berkomentar, bukan SPAM.
- Jangan menyertakan SARA pada komentar Anda.
- Saya akan menjawab komentar Anda sebisa mungkin dan secepat mungkin