Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly Atau Tidak

Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly - Mobile Friendly sekarang sangat di perhatikan oleh Google. Maka dari itu kita harus segera mengecek apakah blog kita mobile friendly ataukah tidak. Jika tidak, kita harus segera memperbaikinya dengan segala macam cara agar blog kita menjadi mobile friendly. Google saat ini sangat memperhatikan pengguna perangkat mobile. Karena fakta menunjukkan bahwa pengguna perangkat mobile lebih banyak dari pada pengguna PC ataupun Laptop. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah tutorial bagaimana Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly Atau Tidak.

Jika kita tidak segera memperbaiki blog kita yang tidak mobile friendly, maka Google tidak akan menyukai blog anda. Dan tentunya akan sulit untuk anda berkompetisi pada Serp atau Search Engine Result Page Google. Karena itu, anda harus memperbaikinya before its too late :v Anda juga harus memperhatikan Responsive atau tidak blog anda. Karena ini juga memengaruhi mobile friendly anda. Bahkan keduanya hampir sama. Karena itu, anda bisa mengganti template anda dengan template yang SEO Friendly, Mobile Friendly, Fast Loading, dan juga yang Responsive. Karena Google akan sangat menyukai blog anda apabila anda memakai template dengan kriteria diatas.

Google adalah sebuah bisnis. Yang artinya mereka tidak mau kehilangan searchers sama seperti kita mengelola blog kita. Karena itu mereka harus menyajikan hasil yang berkualitas dan juga hasil yang membuat visitor nyaman. Karena jika tidak seperti itu, maka searchers akan beralih ke Search Engine atau mesin pencari lainnya. Jadi, anda harus mengusahakan kedua duanya.

Sebelum lanjut ke tutorial, mari kita ketahui dahulu apa yang seharusnya anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa tentang Mobile Friendly.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MOBILE-FRIENDLY

Mobile Friendly adalah sebuah fitur yang biasa di gunakan pada blog atau website agar tampilan dapat menyesuaikan layar perangkat yang sedang di gunakan. Apabila menggunakan perangkat Mobile, laman blog tersebut akan menyusut menyesuaikan layar perangkat tersebut.

APA GUNANYA MOBILE FRIENDLY

Kegunaan dari mobile-friendly untuk visitor adalah dengan mobile friendly, maka konten akan lebih mudah untuk di baca. Kegunaan dari mobile-friendly dari sisi lain yaitu untuk blogger sendiri adalah Google lebih menyukai blognya dan juga bounce rate akan membaik. Karena jika sulit di baca maka kemungkinan visitor akan meninggalkan blog kita. Dan bounce rate kita akan memburuk.

DARI MANA ASAL TERTANAMNYA MOBILE-FRIENDLY KE BLOG

Jika kita bertanya seperti itu jawabannya adalah dari template yang kita gunakan sendiri. Karena template yang menentukan responsivenya desain blog yang digunakan. Karena itu tadi saya merekomendasikan template yang Responsive. Jika anda mencari template yang bagus dan responsive saya menyarankan anda melihat koleksi template dari Arlina Design, Kompi Ajaib, atau dari Kang Ismet.

Baiklah, langsung saja tanpa berbasa basi lagi mari kita mulai tutorial kita kali ini yang sedang membahas soal bagaimana Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly Atau Tidak.

CARA CEK APAKAH BLOG KITA MOBILE FRIENDLY ATAU TIDAK

Silahkan anda simak beberapa cara dari saya di bawah ini. Beberapa cara ini mungkin bisa membantu anda agar anda dapat mengcek apakah blog anda Mobile Friendly ataupun tidak.

  • Pertama tama, silahkan anda mengunjungi salah satu tools dari Google Developers yaitu Mobile-Friendly Test 
  • Kemudian anda akan melihat sebuah kolom. Masukkan link/alamat url blog anda yang ingin anda cek dan setelah itu klik tombol Jalankan Pengujian.
  • Tunggu sementara ketika situs anda sedang di uji oleh tools tersebut. Setelah selesai proses pengujian, maka anda akan mengetahui apakah situs anda mobile-friendly atau tidak.
  •  Begitulah tampilannya apabila situs anda mobile friendly.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini artikel saya kali ini. Demikian artikel saya kali ini yang sedang membahas tentang bagaimana Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly Atau Tidak. Semoga dapat bermanfaat dan dapat berguna untuk anda. Apabila anda memiliki pertanyaan ataupun sebuah komentar silahkan anda berkomentar melalui form yang di sediakan di bawah.
MAN BEHIND THE BLOG

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cek Apakah Blog Kita Mobile Friendly Atau Tidak"

Post a Comment

Terima kasih karena Anda telah membaca Artikel diatas dan mengunjungi Blog ini.

Silahkan anda berkomentar apabila Anda memiliki pertanyaan ataupun komentar. Tapi, sebelum itu ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dalam berkomentar.

Yaitu :
- Harap berkomentar dengan sopan.
- Jangan SPAM disini. Karena form ini dibuat untuk berkomentar, bukan SPAM.
- Jangan menyertakan SARA pada komentar Anda.
- Saya akan menjawab komentar Anda sebisa mungkin dan secepat mungkin